Pages

Jumat, 26 Oktober 2012

Menentukkan Training yang Tepat Sasaran

Perlukah karyawan di training?Kalau perlu,training seperti apa yang harus diberikan ?pertanyaan-pertanyaan ini mungkin muncul di benak perusahaan.Nah,berikut beberapa hal yang bisa Anda teliti untuk menemukan training yang tepat.

1. Observasi
Dengan metode ini,performa karyawanlah yang menjadi sumber informasi utama.Anda melihat bagaimana karyawan bekerja.Cara bekerjanya bagaimana,apakah sudah efektif atau belum.Lalu bagaimana kualitas pekerjaannya,sudah memenuhi ekspektasi atau belum.Pekerjaan mana yang paling memebuatnya kesulitan.Motivasinya dalam bekerja,dsb.Mengobsrvasi berarti Anda melihat dan mendengar kemudian mengevaluasi apa yang lihat dan dengar itu.

2.Wawancara
Metode wawancara adalah metode penentuan diadakannya training yang paling baik,karena Anda langsung mendengar pendapat dari orang yang akan di training.Dengan demikian,Anda tahu benar aoa yang menjadi kebutuhan mereka.Selain itu,dengan wawancara ini Anda juga mendapat keutungan lain,seperti terjalinnya hubungan yang lebih dekat anatar Anda dan trainne;satu hal yang diperlukan dalam proses training.

3.Kuesioner
Kuesioner sebenarnya punya fungsi sama dengan wawancara,hanya karena sifatnya tertulis,maka bisa jadi karyawan akan bisa lebih terbuka (apalagi jika kuesioner tidak perlu diberi nama).Juga,jika perusahaan Anda memiliki karyawan banyak,metode ini lebih efektif daripada melakukan wawancara yang jelas akan memakan jauh lebih banyak waktu dan tenaga.

4.Melihat Job Desc
Melihat job desc karyawan adalah cara yang paling tepat untuk menentukan training seperti apa yang akan karyawan terima.Jika slah satu tugasnya adalah berkomunikasi dengan konsumen,misalnya,maka training etika menjawab telepon,email,serta komunikasi lain harus diberikan.

5.Rapat Evaluasi Kerja
Jika karyawan perusahaan masih relatif sedikit,maka rapat evaluasi kerja secara berkala bisa menjadi pilihan. Rapat ini berfungsi untuk menilai bagaimana jalannya pekerjaan yang dilakukan selama periode tertentu.Apa kesulitannya,apa hambatannya,masalah apa yang sering ditemui.Dari sini,nanti akan muncul gagasan-gagasan mengenai training seperti apa yang mereka butuhkan agar dapat bekerja dengan baik.


Catatan : Sering kali,pemberlakuan satu metode saja tidak cukup untuk menjawab pertanyaan di paragraf pembuka.Jadi,Anda harus mengombinasikan beberapa metode yang ada,tergantung dari kebutuhan dan keadaan perusahaan Anda.


0 komentar:

Posting Komentar