Pages

Senin, 29 Oktober 2012

How To Be A Good Trainer

Penguasaan bahan tentu adalah keharusan bagi seorang trainer.Namu,ada juga beberapa hal lain yang menentukan sukses atau tidaknya sebuah training yang dilakukan untuk kelompok (buka perorangan)

1.Materi Berisi Garis Besar
Peserta memang harus diberi materi,namun jangan sampai materi itu memuat semua yang Anda akan katakan.Berikan saja garis besarnya,dan sediakan ruang untuk peserta bisa mencatat hal-hal yang belum ditulis dalam materi.

2.Dukung Materi dengan Alat Pendukung
Kalau memungknkan,dukung penyampaian materi dengan slide show yang menarik.Ini berfungsi agar peserta tak cepat bosan dalam mengikuti training.Selain itu,slide show yang menarik juga akan mempertegas pesan yang Anda berikan dan membuat peserta lebih mudah mengingatnya.

3.Sampaikan Dengan Baik
Cara penyampaian materi setiap trainer memang berbeda-beda,namun apa pun caranya,pastikan Anda menyampaikan materi itu dengan tenang,jelas,runut dan tidak terlalu cepat,namun juga tidak terlalu lambat.

4.Gaya yang Bersahabat
Menyisipkan jokes (terutama yang berhubungan dengan apa yang hendak disampaikan),berinteraksi dengan peserta ,atau memakai ice breaker sebelum menyampaikan materi,akan bisa membuat suasana lebih hangat dan memperbaiki mood audiens.

5.Akrabi Peserta 
Satu hal yang perlu diingat adalah posisikan diri Anda jangan sebagai orang yang posisinya lebih tinggi.Namun,posisikan merek sebagai rekan yang sedang belajar bersama Anda.Cobalah untuk mengakrabi mereka dengan sikap yang ramah dan hangat.Menceritakan pengalaman Anda yang mungkin juga sedang dialami peserta (misal :pengalaman saat Anda masih menjadi karyawan) juga bisa mendekatkan jarak Anda.

6.Libatkan Audiens
Training yang baik adalah training yang sifatnya dua arah,bukan searah.Jaid,bukan hanya Anda yang aktif,namun audiens juga aktif.Untuk itu,libatkan audiens dalam training,entah dengan meminta mereka membantu memperagakan suatu kasus,misalnya,bertanya pada peserta atau salah satu peserta mengklarifikasi,meminta pendapat,menceritakan pengalaman,dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar